SHARE :

Netralitas ASN Jadi Sorotan, Pradi – Afifah Optimis Menang

Terbit : 3 October 2020 / Kategori : Berita / Komentar : 0 komentar / Author : pradiafifah
Netralitas ASN Jadi Sorotan, Pradi - Afifah Optimis Menang
03 Oktober 2020 05:02 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

DEPOK: Anggota DPRD Depok dari PKB, Babai Suhaimi menyoroti netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada Depok 2020. Menurut Babai, adanya potensi memanfaatkan ASN oleh calon petahana di Pilkada Depok harus jadi perhatian serius. 

 

“Kalau perlu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil datang ke Depok dan bicara sekaligus menekankan pentingnya ASN dalam menyukseskan Pilkada Depok,” kata Babai Suhaimi di tengah konsolidasi pendukung Pradi-Afifah, di kawasan Kukusan Depok, Jumat (2/10/2020).

Menurut Babai sikap tak netral ASN akan mencederai Pilkada Depok dan merusak nama baik kedua calon Walikota Depok dan wakilnya. “Tentunya kami tidak ingin hal ini terjadi. Jadi mari kita jaga Pilkada Depok ini. Sama-sama kita awasi,” kata Babai.

Seperti diketahui terdapat aturan larangan ASN berpolitik yakni Undang-undang nomor 5 tahun 2014, tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lalu, Undang-undang nomor 10 tahun 2016. Selanjutnya ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2004 dan PP nomor 53 tahun 2010.

“Ada beberapa point yang menegaskan larangan bagi ASN, yang ada dalam aturan tersebut. Itu harus dijaga dan dipantau oleh pemerintah,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan anggota Komisi A DPRD Depok, Hamzah. Ia  juga meminta semua elemen masyarakat agar ikut mengambil bagian untuk mengawasi pelaksanan pemilihan wali kota Depok, sebab peran semua elemen masyarakat sangat di butuhkan dalam proses pemilihan wali kota saat ini.

“Apabila diketahui atau didapatkan adanya ketidak netralan ASN maka di harapkan untuk melapor kepada pihak yang berwenang,” katanya.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina DPC Partai Gerindra Kota Depok, Nuroji meminta ASN benar-benar netral. Sebagai anggota DPR Fraksi Gerindra daerah pemilihan Depok – Bekasi, ia akan ikut mengawasi sepak terjang ASN. Ia juga meminta agar Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terlibat politik praktis pada pemilihan wali kota tahun ini ditindak tegas. “Harus ada sanksi yang tegas biar tidak terulang,” kata Nuroji.

Ketiga tokoh pendukung Pradi-Afifah tersebut kompak yakin pasangan yang mereka usung bakal menang. Apalagi jika ASN benar-benar netral dan tidak memanfaatkan fasilitas pemda untuk mendulang suara. “Kami optimis bakal menang. Nantikan mesin partai bergerak semua untuk memenangkan Pradi-Afifah,” kata Nuroji.

Isu netralitas ASN memang banyak disorot di setiap gelaran Pilkada maupun Pilpres. Terlebih jika calonnya dari incumbent. Ini juga yang menjadi perhatian Gubernur Jabar Ridwan Kamil dimana ada 8 daerah yang siap menggelar Pilkada untuk memilih Bupati dan Wali Kota. Ia tidak ingin ada ASN yang melanggar karena terlibat mendukung calon tertentu secara terbuka.

“Saya tugaskan untuk selalu menjaga netralitas dari ASN, itu harga mati, tidak boleh ada gerakan yang kecil sampai skala yang besar terkait pemihakan yang melanggar prosedur aturan,” kata Ridwan Kamil beberapa waktu lalu. ***

 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto

Berita Lainnya

GP Ansor Depok Doakan Pradi-Afifah
7 December 2020
GP Ansor Depok Doakan Pradi-Afifah
Author : pradiafifah
Pradi-Afifah Targetkan Rumah Quran di Seluruh Kecamatan
2 December 2020
Pradi-Afifah Targetkan Rumah Quran di Seluruh Kecamatan
Author : pradiafifah
Relawan Prada Doakan Kemenangan Pradi-Afifah
2 December 2020
Relawan Prada Doakan Kemenangan Pradi-Afifah
Author : pradiafifah
Jelang Debat Kedua, Pradi-Afifah Sehat
30 November 2020
Jelang Debat Kedua, Pradi-Afifah Sehat
Author : pradiafifah


Tinggalkan Komentar